SAMSUNG C6625 VALENCIA

sumber dari – http://ulasantekno.wordpress.com

Demam BlackBerry memang tengah melanda, khususnya di masyarakat Indonesia. Ponsel qwerty sekarang banyak digandrungi dan menjadi incaran di mana-mana. Maka tidak heran jika produk-produk ber-qwerty yang kaya akan fitur dan mendukung sarana enterprise perkantoran yang digelontorkan oleh vendor global juga laris dan diminati. Kita seringkali melihat pergerakan pasar ponse tanah air selalu saja hampir didominasi oleh ponsel BlackBerry atau ponsel qwerty ala BlackBerry.

Samsung dalam hal ini tidak mau ketinggalan untuk mencicipi larisnya pasar qwerty. Dengan produk C6625 Valencia-nya, Samsung masuk ke persaingan pasar qwerty dan ponsel pintar (smartphone) di tanah air. Berbekal sistem operasi windows mobile 6.1, Samsung Valencia menawarkan ponsel pintar dengan koneksi HSDPA berkecepatan tinggi, AGPS dengan peta google, serta office dan multimedia lengkap, namun dengan harga terjangkau dan masuk akal. Pada artikel ini, saya akan sedikit mengulas ponsel pintar yang elegan ini.

Desain dan Material

Desainnya tampak sederhana namun elegan, dengan bentuk bar kotak agak melebar, diselingi dengan sudut-sudut agak rounded. Layarnya cukup gede, dengan lebar 2.6 inci dapat memberikan kepuasan di dalam mengakses menu ponsel ataupun melihat foto atau video. Deretan qwerty pad-nya tersusun mendatar dan rata berjajar rapi. Bodinya tampak didominasi oleh dua warna yang berbeda, yaitu warna yang membalur area qwerty pad hingga setengah bodi ke belakang (casing baterai) dan warna yang membalur area layar dan tombol navigasi sampai setengah bodi ke belakang. Kombinasi dua warna ini membuat Samsung Valencia tampak lebih cantik dan elegan.

Tubuhnya tergolong bongsor dan lebar, namun slim dan trendi. Tebalnya hanya 11,9 mm dengan berat hanya 109 gram. Bahan material penyusunnya adalah plastik solid yang keras. Di bagian sisi kanan kiri mulai dari atas sampai tiga perempat bagian ke bawah, terdapat list silver seperti logam (tapi sebenarnya plastik) yang mengitari tengah-tengah sisi bodi, semakin mempercantik penampilan Valencia.

Di bawah layar bagian tengah bodi ponsel, terdapat tombol navigasi 5 arah, dua tombol “call” dan “end call” pada ujung sisi kanan dan kiri, dan 4 tombol yang saling berhimpitan yang terdiri dari dua tombol soft key, tombol home (di bagian kanan) dan tombol c (erase) di bagian kiri ponsel. Di atas layar, terdapat speaker phone dan kamera VGA untuk video call. Di bagian belakang, hanya terdapat lensa kamera 2 Mp dan cermin.

Apabila kita amati lebih jauh lagi, di bagian atas ponsel, hanya terdapat tombol “on-off” dan lubang untuk tali gantungan hp, sedangkan di bagian bawah tidak ada tombol maupun port apapun, hanya lubang kecil untuk suara. Di sisi kanan bodi ponsel, terdapat tombol volume dan slot micro SD, sedangkan di kiri bodi hanya terdapat port USB untuk charge dan headset.

Penilaian Pribadi : Desain dan bodi Samsung Valencia memang tampak bongsor dan konvensional, tapi balutan dua warna dan bodinya yang slim menampakkan karakter elegan dan menarik. Menurut saya desainnya cukup apik dan terkesan lux. Bahan plastik solid yang glossy acapkali beresiko menyebabkan bodi licin sehingga rawan terjatuh. Solusinya berikan silikon case untuk mengantisipasinya.

Tombol dan Keypad

Qwerty pad-nya berukuran sedang dan tersebar berjajar merata. Antara satu tuts dengan tuts lainnya terdapat gap yang cukup renggang. Tombolnya cukup empuk dan enak untuk dipakai mengetik, bahkan oleh orang yang jempolnya cukup besar sekalipun. Qwerty-nya sangat nyaman ketika ditekan, responnya juga cepat. Sebagai smartphone, Samsung Valencia sudah mendukung full qwerty yang bisa melakukan aktivitas block/sorot huruf, kopi dan paste. Ada beberapa shortcut (jalur pintas) pada qwerty pad-nya, yaitu shortcut ke browser (tuts disamping tombol shift), galeri kamera (foto), messaging dan multimedia. Menekan tombol spasi agak lama akan menghidupkan profil getar/vibrate.

Tombol navigasi 5 arahnya berbentuk kotak juga nyaman digunakan. Adanya kontur permukaan yang melengkung ke dalam mempermudah jari kita ketika menggunakan tombol navigasi. Tombol eksekusi “ok” yang di tengah tombol navigasi juga nyaman walaupun glossy seperti logam dan agak licin. Demikian pula dengan tombol lainnya, seperti tombol “end” atau “call”, softkey dan tombol home atau erase. Walaupun agak licin namun tetap mudah dan nyaman digunakan. Walhasil, untuk urusan tombol dan keypad, tidak ada masalah alias nyaman-nyaman saja.

Sistem Operasi dan Prosesor

Sistem operasi yang digunakan adalah Windows Mobile versi 6.1 standart. Dikatakan standart sebab sistem operasi ini tidak untuk ponsel layar sentuh. Prosesornya adalah ARM926EJ Nomadik 393 MHz dengan internal memori 100 M. Dengan kapasitas prosesor seperti ini, kinerja Valencia memang tidak secepat seperti ponsel qwerty simbian seperti Nokia E63 atau E71. Bahkan, saya merasa responnya kurang cepat dan seringkali terdapat delay, apalagi jika ponsel sedang melakukan multitasking.

Pendapat Pribadi : Kinerja Samsung Valencia menurut saya agak lambat, apalagi jika banyak program yang berjalan. Solusi jika Samsung Valencia kita terlalu lambat, sering-sering matikan program yang tidak diperlukan melalui task manager. Perlu diperhatikan pula, apabila terlalu banyak aplikasi yang kurang berguna dan jarang dipakai, lebih baik diuninstall saja. Sebab akan memakan memori ponsel dan mengganggu kinerjanya.

Layar dan Interface

Layar ponsel memang cukup luas dan lapang, 2.6 inci dengan kedalaman warna TFT 65 k dengan resolusi 320×240. Walaupun kedalaman warna hanya 65k, namun tampilan gambar dan grafisnya sangat terang, jernih dan jelas. Menunya tertampil dalam matrik 4×2. Tidak ada efek UI ketika mengakses menu, semuanya berjalan datar-datar saja.

Untuk urusan home screen, kita bisa mengkustomisasi menu maupun widget yang hendak kita tampilkan di layar. Oleh sebab sistem operasi yang terbuka, kita dapat menginstall berbagai macam tema dari third party untuk home screen. Kita dapat menampilkan menu ala I-Phone, Blackberry, Apple, HTC dan lain sebagainya. Tema-tema ini dapat didownload di internet. Sebenarnya, dengan sistem windows mobile ini, kita bisa mengeksplore lebih jauh dan mengkustomisasi tampilan dan interface ponsel kita, mulai dari font, shortcut, widget dan lain sebagainya. Namun, saya pribadi belum sempat mengeksplor lebih jauh dan meng-utek-utek lebih dalam masalah ini.

Enterprise dan Office

Sebagai ponsel pintar berbasis windows mobile, tentu saja urusan kantor harus tersediakan. Samsung Valencia menyediakan fasilitas office mobile yang bisa mengakses word, excel spreasheet, power point dan one note mobile. Hanya saja, kita tidak bisa membuat dokumen baru. Untuk mengakali hal ini, kita bisa melakukannya dengan cara membuka file berekstensi doc atau xls, kemudian kita edit dan save as. Ada juga PDF Viewer untuk melihat file-file PDF. Organizernya komplit, ada calendar, D-Day (untuk mengingatkan momen penting), task yang berisi daftar tugas yang harus kita selesaikan, voice notes sebagai pengingat dan world clock apabila kita pergi ke luar negeri.

Email dan Messaging

Untuk masalah messaging, Valencia sudah support pull email dengan konfigurasi otomatis. Kita hanya cukup memasukkan alamat email kita saja, akan terkonfigurasi secara otomatis. Fasiliitas email ini bisa kita konfigurasi untuk penerimaannya setiap 5 menit, sehingga cukup mirip dengan push email yang dapat diterima secara real time. Namun, tentu saja akan menguras baterai dan pulsa kita.

Kita juga dapat menambahkan email server exchange dan mensinkronisasikan dengan server kantor. Namun tentu saja dengan biaya tambahan untuk membeli software email exchange dan biaya koneksi data. Untuk push email gratis, kita dapat menggunakan aplikasi SEVEN yang saat ini masih gratis 100%. Kita hanya dikenakan biaya data GPRS saja.

Konektivitas dan Internet

Samsung Valencia berbekal sarana koneksi yang cukup komplit. Kekurangannya hanya ketiadaan wi-fi saja. Dengan jaringan HSDPA, UMTS, EDGE 10 dan GPRS 10, koneksi data dapat tersupport dan berjalan dengan baik (tentu saja tergantung operator, sinyal, jaringan dan lokasi). Untuk pertukaran data juga sudah disediakan Bluetooth V.2 dan USB cable data. Untuk navigasi, Samsung Valencia sudah support A-GPS, hanya saja kita tinggal menginstall map sendiri (seperti google map, garmin, dll).

Untuk internet, browser bawaan adalah IE. Kita dapat menginstall browser lainnya dari third party seperti skyfire, UCWEB maupun opera. Untuk browsing lebih hemat data, kita juga bisa mendownload opera mini dan bolt versi java (J2ME).

Multimedia dan Hiburan

Walaupun termasuk kategori ponsel pintar untuk kantoran, hal ini tidak serta merta artinya Samsung Valencia tidak bisa diandalkan dalam hal multimedia dan hiburan. Kamera 2MP dengan fitur standar, namun hasilnya cukup baik dan memuaskan. Kita dapat mengupload foto atau video kita melalui aplikasi Microsoft facebook dan Shozu. Ada beberapa bonus aplikasi yang diberikan di dalam pembelian, yaitu :

–          Microsoft Facebook. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengupload langsung gambar atau video. Hanya saja loadingnya cukup lama dan boros pemakaian data.

–          Shozu. Aplikasi ini adalah aplikasi yang membantu kita untuk mengupload foto dan video ke beberapa situs jejaring sosial dan blog, seperti facebook, twitter, myspace, flickr, picasa, dls.

Untuk memutar audio dan video, Windows Media Player jadi andalan utama. Keluaran suara dari speaker Valencia cukup halus dan jernih, hanya saja kurang powerful. Dengan headset, kualitas suara tampak lebih baik, jernih dan berdentum. FM Radio sudah support RDS dan dapat menyimpan 20 stasiun favorit kita. Sama seperti lainnya, kita harus mencolokkan headset terlebih dahulu sebelum mendengarkannya. Lebih asyik lagi, kita dapat mencari informasi sebuah lagi dengan aplikasi Midomi. Ini adalah aplikasi unik yang berfungsi untuk mendeteksi judul lagu dengan hanya mendekatkan ponsel ke sumber suara. Setelah itu midomi akan konek ke internet dan mencarikan data dan informasi yang terdekat dengan lagu tersebut.

Untuk hiburan game, ada dua game default yang cukup menghibur. Yaitu Solitaire dan Bubble Breaker. Kita dapat menambahkan game-game lainnya baik yang berekstensi cab maupun java (jar). Bisa saya katakan, fitur multimedia Samsung Valencia cukup berlimpah dan sangat menghibur.

Baterai :

Kapasitasnya sih 1300 mAh, namun berdasarkan pengalaman saya menggunakan ponsel ini, baterai terbilang cukup boros. Dengan penggunaan internet cukup sering, baterai akan cepat sekali habis. Pemakaian internet yang jarang, dan penggunaan ponsel sewajarnya, waktu standby tidak sampai 2 hari harus dicharge.

Sebagai saran untuk menghemat baterai, ada beberapa tips yang perlu kita laksanakan. Apabila kurang dibutuhkan lebih baik fitur getar dimatikan, sebab fitur getar ini banyak memakan baterai. LCD backligt lebih baik disetting minimal, selain lebih comfort untuk mata, juga lebih menghemat baterai. Apabila berada di wilayah yang memiliki jaringan 3G/3.5G yang buruk, lebih baik ganti jaringan ponsel kita dengan GPRS saja. Hal ini lebih banyak menghemat baterai sebab baterai lebih banyak terkuras akibat aktivitas pencarian jaringan/sinyal. Aktifkan autolock keypad ponsel dan sering-sering kita matikan program yang sudah tidak kita gunakan melalui task manager.

Insya Allah saya akan menurunkan artikel khusus seputar tips dan trik seputar Samsung Valencia ini.

Opini Pribadi :

Kelebihan : Harga relatif terjangkau, OS windows mobile 6.1, qwerty pad nyaman dan empuk, multimedia lengkap dan baik.

Kekurangan : Tidak ada wifi, baterai boros, respon ponsel agak lambat.

Kesimpulan : Sebagai ponsel pintar yang mendukung fungsi kantor dan hiburan, rasanya ponsel ini saya rekomendasikan bagi mereka yang mencari ponsel qwerty dengan harga terjangkau dan fitur yang lengkap, dan memiliki sistem operasi pula.

This entry was posted in Gadget and tagged , . Bookmark the permalink.